Cara Pengiriman Jenazah Melalui Pesawat Lengkap

Categories: Cargo Jenazah

Cara Pengiriman Jenazah – Belum banyak orang tahu kalau jenazah juga bisa dikirim. Orang biasanya hanya tahu kalau barang saja yang bisa dikirim melalui pesawat. Padahal saat ini ada jasa pengiriman jenazah melalui pesawat yang bisa digunakan. Jasa ini bisa digunakan terutama ketika jenazah berada di luar kota

Dulu, jasa ini hanya bisa digunakan pihak-pihak tertentu saja seperti rumah sakit atau instansi pemerintahan. Namun, saat ini jasa pengiriman jenazah bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Cara Melakukan Pengiriman Jenazah Melalui Pesawat

Bagi orang awam, mengetahui cara melakukan pengiriman jenazah tentu jadi info yang cukup penting. Hal ini karena belum banyak orang tahu seluk beluk atau prosedur ketika hendak menggunakan jasa pengiriman ini. Memang, di Indonesia sendiri belum banyak maskapai yang mau memberikan layanan atau jasa pengiriman jenazah.

Cara Pengiriman Jenazah

Akan tetapi, makin ke sini makin banyak maskapai yang akhirnya mau untuk memberikan jasa pelayanan ini. Cara yang bisa anda lakukan pun terbilang mudah meski ada banyak syaratnya. Namun yang pasti pengiriman jenazah menggunakan cargo bisa memudahkan anda terutama yang ada di luar kota dan hendak memakamkan jenazah di kota lain.

Untuk bisa melakukan pengiriman ini, ada beberapa syarat yang memang harus anda penuhi. Syarat-syarat ini berupa syarat administratif dan syarat lainnya. Lantas apa saja syarat-syarat tersebut?

Syarat Melakukan Pengiriman Jenazah Menggunakan Cargo Udara

Ada sederet syarat penting yang harus anda siapkan sebelum menggunakan jasa pengiriman jenazah dengan pesawat. Syarat-syarat ini kebanyakan adalah syarat administrasi berupa surat-surat tertentu. Apa saja syaratnya?

  • Siapkan surat keterangan kematian yang diberikan pihak rumah sakit pada agen penyedia
  • Sediakan fotokopi berkas berupa kartu identitas jenazah. Bisa menggunakan KTP.
  • Siapkan juga fotokopi kartu identitas pendamping jenazah ketika di pesawat atau escorter
  • Surat yang menunjukkan kalau jenazah yang akan diterbangkan sudah diformalin. Surat ini bisa didapat dari rumah sakit atau rumah duka. Biasanya surat ini sudah terdapat di surat keterangan kematian
  • Siapkan surat yang didapat dari badan karantina kesehatan

Kebanyakan, orang tidak memilih atau menggunakan jasa pengiriman jenazah lewat cargo udara karena masalah biaya. Banyak orang kaget saat mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mengirimkan jenazah ke suatu tempat. Padahal, jika anda tahu prosedur dan cara yang benar, anda akan mendapatkan harga yang normal dan wajar.

Biasanya, orang yang mendapat harga tinggi bisa puluhan juta hingga ratusan juta adalah orang yang menggunakan jasa pengiriman melalui calo. Calo inilah yang membuat biaya pengiriman menjadi lebih mahal. Padahal, jika anda langsung menemui jasa penyedia langsung, anda bisa mendapat harga yang normal.

Jenis Pengiriman Jenazah Menggunakan Cargo Udara

Pengiriman jenazah melalui pesawat tergolong dalam 2 tipe, yakni tipe uncremated in coffin dan Cremated in Coffin. Jenis ini dikategorikan berdasarkan bentuk jenazah yang hendak dibawa di pesawat. Ada yang masih berbentuk tubuh ada juga yang sudah berbentuk abu. Keduanya memiliki syarat dan ketentuan masing-masing dalam proses pengiriman. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Uncremated in coffin

Yakni pengiriman jenazah yang masih berbentuk tubuh manusia. Pengiriman jenis ini memiliki beberapa syarat dan ketentuan khusus agar tidak mengganggu penumpang lain dan agar bisa aman selama di udara. Ketentuan ini terutama soal proses pengiriman mulai dari jenis peti dan lain-lain.

Untuk pengiriman jenazah, maskapai biasanya akan meminta pihak penumpang menggunakan peti dari rumah sakit. Peti ini didesain khusus sehingga bisa masuk ke dalam pintu pesawat. Tak hanya soal peti, anda juga harus memerhatikan soal penyebab kematian jenazah. Apabila jenazah meninggal karena penyakit menular, jenazah dilarang atau tidak bisa diterbangkan.

Untuk syarat administrasi sama dengan syarat yang sudah diulas sebelumnya, yakni berupa kartu identitas, surat keterangan meninggal, surat keterangan penyebab kematian jenazah, dan masih banyak lagi. Termasuk surat jaminan bahwa ketika jenazah sampai harus ada pihak keluarga yang menjemput.

2. Cremated in Coffin

Untuk jenis pengiriman ini, jenazah yang dibawa adalah jenazah yang sudah dikremasi atau sudah menjadi abu. Biasanya abu jenazah ini akan dibawa menggunakan guci khusus atau kotak. Untuk syaratnya sendiri, jenis pengiriman ini tidak jauh berbeda dengan pengiriman jenis pertama tadi. Anda tetap harus memenuhi semua jenis syarat terutama syarat administratif.

Cara Memilih Jasa Pengiriman Jenazah yang Terbaik

Anda tidak boleh asal memilih jasa pengiriman jenazah. Hal ini karena jika salah, anda bisa mengeluarkan uang yang sangat banyak padahal anda bisa mendapatkan harga yang lebih wajar. Seperti yang ditawarkan transmuliaambulance.id. Di sini, anda bisa mendapatkan harga yang tentu saja wajar namun memiliki pelayanan yang berkualitas.

Untuk pemula yang belum pernah menggunakan jasa ini, ada beberapa trik yang bisa anda pahami sebelum menggunakan jasa pengiriman jenazah melalui pesawat, Trik dan tips ini bisa menghindarkan anda dari penipuan, atau juga masalah-masalah ketika anda hendak mengirim jenazah. Lantas apa saja trik dan tipis yang harus dipahami?

1. Cari tahu review penyedia jasa

Yang harus anda cermati, anda harus mengetahui cara kerja penyedia jasa yang hendak anda gunakan. Jangan sampai anda belum tahu apa-apa soal penyedia jasa itu. Anda harus aktif mencari tahu apakah penyedia jasa tersebut bisa diandalkan atau tidak. Untuk mencari tahu infonya sendiri, anda bisa mengetahuinya dari Internet atau dari mulut ke mulut.

Di internet, anda bisa mencari dan membuka langsung website-website yang memberikan pelayanan tersebut, seperti pada transmuliaambulance.id. Di situ anda bisa mencari secara detail soal seluk beluk jasa pengiriman jenazah. Carilah jasa pengiriman yang memiliki review baik dan mendapat komentar bagus.

Atau bisa juga dengan mendapat rekomendasi dari kerabat atau teman. Cari penyedia jasa yang sudah pernah digunakan oleh kerabat sehingga kita bisa lebih yakin saat akan menggunakannya.

2. Cari tahu secara detail soal syarat dan tarif pengiriman

Saat akan menggunakan jasa pengiriman, hal yang penting dilakukan adalah mencari tahu secara detail syarat dan tarifnya. Anda harus detail dalam bertanya dan juga memastikan apa saja yang harus disiapkan.

Hal ini akan mengurangi risiko atau kendala di kemudian hari. Jika semua ketentuan dan syarat sudah anda siapkan, anda akan lebih mudah dalam melakukan pengiriman. Pastikan juga soal rincian tarif pengiriman. Jangan sampai rincian yang anda pahami berbeda dengan total biaya di akhir. Anda harus dengan jeli memeriksa semua tagihannya.

Di atas adalah sedikit penjelasan soal jasa pengiriman jenazah melalui pesawat. Dengan mengetahui pembahasan tersebut, anda akan lebih mudah ketika besok tiba-tiba membutuhkannya. Namun, jika anda masih belum jelas lagi, anda bisa membuka langsung website yang kami miliki soal jasa pengiriman jenazah di transmuliaambulance.id karena kami akan memberikan yang terabik untuk anda.

Sending
User Rating 5 (1 vote)
× WhatsApp