Cargo Jenazah Lion Air Antar Provinsi

Cargo Jenazah Lion AirProsesi pemakaman menjadi sebuah proses yang sakral dan akan diusahakan sebaik mungkin oleh para keluarga dari jenazah. Bagaimana pun, meski tidak wajib, prosesi pemakaman biasanya dilakukan di tempat asal / daerah asal dengan beragam alasan. Salah satunya agar makamnya lebih dekat dengan keluarga yang ditinggalkan dan semua anggota keluarga bisa bertemu jenazah. Menggunakan cargo jenazah Lion Air misalnya.

Membawa atau mengirim jenazah ke daerah tertentu, khususnya yang jarak kotanya jauh, seperti berbeda provinsi, membutuhkan bantuan dari jasa yang memberi layanan cargo jenazah. Sebab jenazah harus segera sampai dan diantar menggunakan transportasi udara.

Langkah-Langkah Membawa Jenazah Menggunakan Pesawat

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum memahami bagaimana cara mengirim dan membawa jenazah menggunakan transportasi udara. Sebenarnya tidak rumit. Asal semua persyaratan terpenuhi. Untuk pengiriman jenazah dalam negeri, lebih mudah. Dibandingkan pengiriman jenazah dari luar negeri, ataupun sebaliknya.

Cargo Jenazah Lion Air

Pertama, Anda harus paham, ada dua jenis membawa jenazah yang diperbolehkan untuk dibawa menggunakan cargo pesawat. Jenis pertama ialah ‘Uncremated in Coffin’. Sesuai dengan namanya, jenis ini teruntuk jenazah yang berupa jasad, atau tubuhnya masih utuh. Membawa jenazah jenis ini wajib memenuhi sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Jenis membawa jenazah dengan cargo pesawat kedua ialah ‘Cremated in Coffin’. Kembali, sesuai namanya, jenazah dalam jenis ini merupakan jenazah dalam bentuk abu atau telah melalui proses kremasi. Hampir sama dengan jenis yang pertama, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, termasuk abu kremasi wajib ditaruh di dalam sebuah guci atau kotak tertutup.

Syarat Menggunakan Cargo Pesawat Untuk Membawa Jenazah Uncremated in Coffin

Biasanya, jenis jenazah Uncremated in Coffin atau jenazah dalam bentuk jasad lebih sedikit ‘rumit’. Sebab, selain jasad mau tidak mau harus dipastikan sampai dalam keadaan yang baik di tempat tujuan, jasad tersebut harus memenuhi persyaratan untuk bisa dibawa di dalam pesawat. Syarat-syaratnya terdiri dari:

  • Ukuran Peti

Syarat paling pertama, pastikan peti yang digunakan ukurannya pas atau bisa masuk ke dalam ukuran pintu pesawat. Kita tidak bisa menggunakan peti ang ukurannya cukup besar, meski ukuran jasad cukup besar. Intinya harus diusahakan ukuran peti lebih kecil dari pintu pesawat.

  • Rupa Peti

Selain masalah ukuran, peti juga wajib dilapisi seng. Tujuannya agar aroma bau serta cairan yang bisa saja keluar dari jenazah tidak bocor dari peti kayu. Umumnya memang peti khusus membawa jenazah perjalanan jauh atau jenazah yang memungkinkan mengeluarkan aroma bau dan berair akan dilapisi seng.

  • Jasad Disuntik Formalin dan Dioles Balsem

Syarat berikutnya untuk cargo jenazah Lion Air serta pesawat lainnya, jasad sudah disuntik formalin dan dioles balsem oleh pihak yang ahli. Hal ini agar jasad awet, mulai dari bentuk, hingga rupa. Serta menghindari terjadinya pembusukan selama perjalanan, juga untuk mengurangi aroma bau.

  • Melampirkan Berbagai Surat Wajib

Pastinya untuk membawa jenazah melalui transportasi udara, ada surat-surat yang wajib dilampirkan atau diberikan kepada pihak-pihak terkait. Surat-surat itu meliputi surat keterangan kematian dan surat keterangan penyebab kematian.

Kemudian sertakan juga surat izin membawa jenazah ke luar (tempat / negara / daerah meninggalnya), izin dari kedutaan besar negara asal (bila di luar negeri / WNA), surat keterangan dari pihak medis yang menyatakan jenazah telah memenuhi persyaratan medis untuk dibawa, lalu surat jaminan kepastian bahwa jenazah diantar atau akan dijemput di tempat tujuan oleh wali resmi.

Yang Tidak Diperbolehkan Ketika Membawa Jenazah Menggunakan Pesawat

Umumnya setiap maskapai atau pihak transportasi udara memiliki peraturan masing-masing mengenai larangan-larangan ketika membawa jenazah di dalam penerbangan mereka. Termasuk peraturan jadwal penerbangan yang dirasa paling tepat. Contohnya, maskapai akan berusaha semaksimal mungkin jenazah tidak harus melewati waktu delay dan transit terlalu lama.

Satu yang terpenting ialah jenazah harus dipastikan tidak meninggal karena terserang penyakit menular. Ya, point ini berhubungan dengan surat keterangan dari pihak medis mengenai kelayakan jenazah dibawa melalui transportasi umum.

Mengapa tidak boleh? Tentu saja, sebab meski jenazah ditutup peti rapat ataupun telah diformalin dan diberi balsesm sebanyak-banyaknya, tetap risiko buruk menghantui ketika harus membawa jenazah yang meninggal akibat terserang penyakit menular. Bisa saja menulari pihak kru dan penumpang pesawat secara tidak langsung.

Selanjutnya, wali keluarga yang menemani wajib ikut menjaga kerahasiaan keberadaan jenazah di pesawat. Bahkan untuk beberapa kasus, wali bisa saja berbeda pesawat dengan jenazah tersebut.

Lebih Dalam Seputar Membawa Jenazah di Pesawat

Baru mendengar tentang membawa jenazah menggunakan pesawat atau jenazah ditaruh di penerbangan yang sama dengan penumpang umum? Sebenarnya semua tergantung pada maskapai masing-masing dan bagaimana keadaannya.

Pada maskapai-maskapai besar atau yang sudah sering sekali dipilih sebagai kendaraan pembawa jenazah via udara, terdapat lemari atau ruang khusus di pesawat untuk menyimpan jenazah. Lemari ini menjadi salah satu ‘sikap sopan’ dari maskapai untuk menghargai dan menghormati jenazah.

Lalu bagaimana bila kasusnya mendadak meninggal dunia ketika di penerbangan? Biasanya pihak maskapai akan membuat jadwal mendarat darurat di bandara terdekat. Tetapi bila tidak memungkinkan, jenazah akan dibawa ke area yang lebih sepi seperti jajaran bangku belakang yang kosong.

Bagaimana jika penuh? Jenazah akan tetap ditaruh di bangku kosong paling belakang dan melayaninya seperti penumpang biasa (diposisikan duduk dan dipakaikan seat belt). Kru pesawat memiliki kode khusus ketika menghadapi beragam kondisi darurat tanpa diketahui penumpang. Tujuannya agar penumpang tidak takut dan panik, termasuk ketika tahu ada penumpang yang meninggal mendadak.

Memilih Jasa Cargo Jenazah Terpercaya dan Sigap

Saat ini banyak sekali jasa yang memberi layanan cargo jenazah dan bekerja sama dengan pihak maskapai tertentu misalnya cargo jenazah Lion Air yang memang banyak digunakan. Tips memilih jasa layanan cargo jenazah bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Pihak Penyedia Jasa Terpercaya

Tips pertama, bila Anda sedang mencari jasa pemberi layanan cargo jenazah, baik dalam negeri ataupun luar negeri, pastikan pihak penyedia jasa tersebut terpercaya atau sudah mendapat nilai yang baik dari para pengguna jasanya. Hal ini bisa dilihat dari jenis layanan yang ditawarkan. Lengkap atau tidak.

  • Pihak Penyedia Jasa Sigap

Pastikan juga penyedia jasa sigap dan memiliki nomor kontak yang sangat jelas dan selalu lancar bila diajak komunikasi. Karena tetap saja membawa jenazah adalah satu hal yang darurat.

  • Menawarkan Banyak Pilihan yang Bisa Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Kalau bisa cari penyedia jasa dengan produk menarik seperti menyediakan beragam jenis transportasi cargo jenazah, misalnya jenis maskpai dan mobilnya.

  • Harga Sesuai Kualitas

Banyak sekali penyedia jasa yang mematok harga terlalu tinggi karena tahu seberapa daruratnya proses membawa jenazah, sementara layanannya sangat biasa saja atau bahkan mengecewakan. Usahakan amati dari tingkat harga. Pilih penyedia jasa yang membandrol harga terjangkau dan disertai pelayanan memenuhi standar, memuaskan.

Membutuhkan cargo jenazah Lion Air atau pelayanan sigap lainnya? Anda bisa langsung hubungi TransMulia Ambulance dan kunjungi https://transmuliaambulance.id untuk informasi berbagai produknya.

Sending
User Rating 5 (1 vote)
× WhatsApp