Karoseri Ambulance di Surabaya

Karoseri Ambulance di Surabaya – Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat hendaknya bisa membantu agar mereka bisa merasa aman dan juga nyaman. Mobil ambulans adalah salah satu sarana evakuasi medik yang juga menjadi bagian dari pelayanan kesehatan. Untuk itu sebuah ambulans harus dibuat berdasarkan standar pelayanan kesehatan yang berlaku.

Karoseri Ambulance di Surabaya

Ambulans gawat darurat adalah jenis ambulans yang digunakan untuk membantu mengantarkan pasien yang dalam kondisi darurat agar segera mendapatkan penanganan yang tepat di rumah sakit. ambulans jenis ini bisa memberikan bantuan pra-rumah sakit, mengantarkan pasien yang sudah distabilkan dan mengantarkan pasien antar rumah sakit.

Itulah mengapa ambulans jenis ini memiliki tenaga medis yang bisa membantu untuk memberikan pertolongan pertama. Selain itu juga ada berbagai macam peralatan yang digunakan untuk membantu menunjang penanganan tersebut.

Ada beberapa ketentuan yang diperlukan ketika membuat mobil ambulans.

Ketentuan Untuk Karoseri Ambulance di Surabaya

  • Bagian luar mobil ambulance (eksterior)

  • Penggunaan suara sirine harus sesuai dengan standar suara sirine β€œtwo tone”
  • Pemasangan lampu LED blitz atau flash light bar dengan warna merah harus dilengkapi dengan speaker atau pelantang suara. Hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang Lalu Lintas.
  • Warna cat dasar untuk bagian luar mobil ambulans adalah warna putih. Penulisan atau arah atau tampilan tulisannya harus sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.
  • Kendaraan yang digunakan harus mampu untuk menampung semua peralatan yang digunakan.

Pada bagian luar tersebut memang harus sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Itulah mengapa semua mobil ambulance akan menggunakan warna putih. Untuk itu Anda bisa memilih menggunakan karoseri ambulance di Surabaya murah yang bisa menyediakan mobil ambulance yang sesuai dengan ketentuan namun tetap memiliki harga yang terjangkau.

  • Bagian dalam mobil ambulance (interior)

  • Di dalam mobil ambulance dilengkapi dengan perlengkapan untuk keselamatan dalam hal ini adalah alat pemadam kebakaran.
  • Sistem kelistrikan yang ada di dalam ambulance harus bisa digunakan dengan baik atau berfungsi sebagaimana mestinya. Sumber listrik dalam hal ini suplai daya bebas gangguan harus terpisah antara untuk kendaraan dan untuk alat kesehatan. Hal ini karena ada beberapa jenis alat kesehatan yang membutuhkan sumber listrik agar bisa digunakan.
  • Pada mobil ambulans ada sistem komunikasi. Sistem komunikasi tersebut harus terintegrasi atau terhubung dengan fasilitas kesehatan atau penyelenggara ambulans tersebut. Sistem komunikasi tersebut juga harus bisa terhubung secara dua arah. Untuk pemakaian frekuensinya sudah ditetapkan oleh undang-undang yang berlaku.
  • Penggunaan dan pemasangan saklar light bar dan amplifier sirene juga memiliki aturan dan harus mengikuti aturan yang berlaku tersebut.
  • Untuk peletakan tabung gas medis harus menggunakan pengaman guna menjaga agar tabung tersebut tetap stabil pada saat mobil ambulans berjalan.
  • Jika menggunakan lemari, maka lemari tersebut harus bisa membantu agar bisa menyimpan berbagai macam perlengkapan medis dengan baik dan aman.
  • Bagian interior dari mobil ambulans tersebut harus bisa menggunakan bahan yang non porosof atau tidak memiliki pori dan mudah untuk dibersihkan. Hal ini karena dalam mobil ambulans penting untuk selalu dijaga kebersihannya.
  • Adanya landasan stretcher yang dilengkapi dengan laci dimana berguna untuk menyimpan berbagai macam alat kesehatan.

Cara Petugas Membersihkan Ambulance Setelah Angkut Pasien Covid-19

Di masa pandemi seperti ini membuat banyak rumah sakit yang kewalahan untuk menerima dan menangani pasien covid-19. Hal ini karena dengan semakin bertambahnya kasus yang membuat tenaga kesehatan dan juga fasilitas pelayanan kesehatan menjadi kewalahan.

Hal ini juga berlaku untuk ambulance. Banyak sekali ambulance yang bergantian untuk menjemput atau mengantarkan pasien akibat dari covid-19. Selain itu hal ini juga menyebabkan biaya karoseri ambulance di Surabaya yang semakin bervariatif.

Dengan semakin banyaknya pasien yang masuk ke rumah sakit, hal ini membuat potensi untuk penyebaran virus tersebut juga cukup rentan. Semua tenaga medis yang bertugas sangat rentang untuk terkena persebaran virus tersebut dan bisa menyebabkan penyebaran yang juga meluas.

Tak terkecuali untuk petugas yang bekerja di dalam mobil ambulans. Pasien penderita atau korban dari covid-19 tersebut akan sangat mungkin untuk menyebarkan virus di dalam mobil ambulans tersebut.

Terutama setelah mengetahui bahwa virus tersebut bisa menyebar melalui droplets atau tetesan saat pasien bersin atau batuk. Untuk itu memang sangat diperlukan melakukan pembersihan pada mobil ambulans setiap kali selesai membawa pasien yang positif covid-19.

Pembersihan tersebut dilakukan juga sesuai dengan aturan atau prosedur yang berlaku. Salah satunya adalah dengan menggunakan cairan disinfektan. Cairan tersebut dirasa mampu untuk membunuh virus yang tadinya mungkin menempel pada bagian dalam di ambulans tersebut.

Berikut adalah beberapa prosedur yang akan dilakukan:

  • Penyemprotan

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa mobil ambulance akan dilakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan. Disinfektan yang digunakan juga berbeda dengan disinfektan yang biasanya digunakan di masyarakat. Cairan tersebut dirasa lebih mampu untuk membunuh virus. Penyemprotan akan dilakukan tidak hanya pada bagian dalam karoseri ambulane di Surabaya terbaik saja namun juga pada bagian luarnya juga.

  • Pembersihan berulang kali

Prosedur selanjutnya dalam membersihkan mobil ambulans adalah dibersihkan tidak hanya satu kali atau tidak hanya pada saat mobil selesai digunakan untuk mengantarkan pasien atau jenazah. Mobil ambulans tersebut akan dibersihkan baik sebelum dan sesudah digunakan. Dalam hal ini berarti jika mobil ambulans tersebut digunakan sebanyak 5 kali maka akan dilakukan pembersihan selama 10 kali.

Hal ini sangatlah penting guna membantu agar tenaga medis dan juga supir tidak terinfeksi dengan virus corona tersebut dimana juga bisa saja menyebarkan virus tersebut. SOP atau aturan ini hendaknya dilakukan tidak hanya di rumah sakit saja namun untuk semua fasilitas pelayanan kesehatan seperti klinik atau puskesmas. Namun memang membutuhkan anggaran yang cukup banyak untuk pembelian disinfektan tersebut.

  • Waktu yang cukup lama

Penyemprotan disinfektan yang dilakukan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Kurang lebih butuh waktu sekitar 30 menit untuk menyemprotkan cairan disinfektan pada bagian luar dan dalam mobil ambulans. Waktu yang lama tersebut memang dilakukan guna cairan disinfektan yang benar-benar bisa menjangkau semua bagian yang ada di dalam maupun di luar mobil ambulans.

Ketika selesai dilakukan penyemprotan, sisa cairan yang ada tersebut tidak dilap dan akan dibiarkan kering dengan sendirinya. Memang ada alternatifΒ  lainnya selain penyemprotan, yaitu dengan menggunakan sinar ultraviolet.

Dengan menggunakan sinar ultraviolet tersebut waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan mobil ambulans hanya sekitar 10 menit saja. akan tetapi memang dibutuhkan banyak biaya untuk alatnya.

Butuh Ambulance Segera Untuk Keadaan Darurat?

TransMulia Ambulance menyediakan mobil ambulans berbagai macam jenis untuk mengantarkan pasien gawat darurat. Tidak hanya itu, kami turut melayani pengantaran jenazah, ambulance pasien, cargo jenazah, peti mati, dll.

Jika Anda tertarik menyewa mobil karoseri ambulance di Surabaya milik kami maka bisa hubungi di 021-27808720 (pukul 08:00-18:00) atau nomor phone / WhatsApp di 0852-1667-5553 (untuk 24 Jam).

Your Thoughts

Call Now Button