Karoseri Ambulance Modifikasi

Karoseri Ambulance Modifikasi – Ada berbagai macam jenis mobil yang biasanya digunakan untuk ambulans. Beberapa di antaranya seperti Wuling confero, Mitsubishi Xpander, dan Toyota Avanza. Beberapa jenis mobil tersebut memang sangat cocok digunakan untuk ambulans. Hal ini karena adanya beberapa kelebihan yang dihadirkan jika menggunakan jenis mobil ambulans di atas.

Karoseri Ambulance Modifikasi

Jenis Karoseri Ambulance Modifikasi

  • Mitsubishi Xpander

Jenis mobil ambulance yang pertama dan cukup sering digunakan sebagai mobil untuk modifikasi ambulance adalah Mitsubishi Xpander. Ambulans jenis ini banyak digunakan karena memang memiliki body yang cukup sederhana dan stylish.

Untuk ukurannya, ambulans ini memiliki ukuran sekitar 4.475 mm untuk panjangnya, lebar sekitar 1.750 mm dan tingginya bisa sekitar 1.700 mm. ukuran tersebut memungkinkan untuk mobil jenis ini digunakan sebagai mobil untuk ambulance.

Sedangkan untuk spesifikasi mesinnya menggunakan olt T 120 SS dengan ukuran torsi yang lebih besar yaitu sekitar 145 Nm. Walaupun bodi dari mobil ini terlihat cukup besar, namun mobil ini memiliki tenaga yang besar. Hal tersebut membuat tarikan dari mobil ini cukup ringan dan bisa lebih menghemat bahan bakar.

Tentunya sangat penting untuk sebuah ambulans yang mungkin akan digunakan 3 sampai 5 kali dalam sehari agar bisa digunakan dengan performa yang cukup bagus. Untuk biaya karoseri ambulance modifikasi dengan menggunakan mobil ini bisa sekitar 220 jutaan.

  • Wuling Confero

Jenis ambulans selanjutnya adalah yang menggunakan jenis mobil Wuling Confero. Mobil asal Tiongkok ini juga membuat mobil dengan jenis ambulance bernama Wuling confero Ambulance Edition. Sesuai dengan namanya, jenis mobil ini memang diperuntukkan untuk ambulance.

Memiliki bentuk bodi yang cukup kecil dan ramping, membuat jenis ambulance ini cocok digunakan untuk daerah perdesaan. Untuk itu performa mesin yang digunakan juga cukup bagus. Ambulance ini menggunakan mesin turbo dengan seri Cortez dengan kubikasi 1.500 cc.

Ambulance ini memiliki 3 jenis atau varian yaitu luxury, medium dan juga basic. Setiap varian tersebut memiliki perbedaan seperti basic yang dilengkapi dengan sirene dengan mic, kaca film dengan kegelapan 60-80%, lampu strobo, lantai plywood, lampu sorot, lampu periksa, gantungan infus, tandu, alat bantu pernafasan, kotak P3K dan kursi yang bisa digunakan untuk 2 orang perawat.

Sedangkan untuk varian yang medium akan juga sama dengan spesifikasi di atas hanya saja ditambahkan beberapa hal. Seperti tambahan pada bumper belakang yang terbuat dari bahan stainless, penyimpanan scoop stretcher, automatic ambulance streatcher dengan bahan alumunium dengan 3 lapisan dan juga landasan ambulans stretcher yang dilengkapi dengan pengunci.

Terakhir adalah untuk varian luxury yang didalamnya ditambahkan peralatan medis yang tidak terdapat pada varian basic dan medium. Misalnya lemari dan extra D dengan 1 USB. Jadi jenis Wuling Confero luxury adalah jenis ambulans yang paling lengkap perlengkapan medisnya. Anda bisa menggunakan jenis ambulans ini jika memang diperlukan jenis ambulans yang lengkap seperti untuk ambulans gawat darurat.

  • Toyota Avanza

Jenis mobil terakhir yang bisa digunakan untuk karoseri ambulance modifikasi murah adalah Toyota Avanza. Jenis mobil ini memang populer digunakan untuk kendaraan penumpang atau kendaraan pribadi.

Akan tetapi ternyata ada juga yang menggunakan mobil Toyota Avanza untuk dimodifikasi menjadi karoseri ambulans. Mobil ini banyak digunakan sebagai ambulans karena ukurannya yang cukup kecil dan ramping. Sehingga akan lebih mudah untuk bergerak dengan cepat di jalan raya. Mobil ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1329 cc dimana bisa menghasilkan tenaga sekitar 104 Hp.

Kendaraan Umum Tidak Boleh Membuntuti Ambulans?

Sudah menjadi hal yang wajar apabila ketika ada ambulans yang melintas, pengendara kendaraan yang ada di depannya harus mengalah atau memberikan jalan pada ambulans untuk melintas. Hal ini karena bisa saja ambulans tersebut sedang membawa pasien dalam keadaan gawat atau sedang dalam perjalanan untuk menjemput pasien gawat darurat.

Untuk itu memang sangat penting jika mengalah dan memberikan jalan pada ambulans. Ketika selesai memberikan jalan pastinya akan ada ruang kosong di belakang ambulans tersebut. hal ini terkadang yang dimanfaatkan oleh pengendara di belakangnya.

Pengendara tersebut akan memanfaatkan kekosongan tersebut dengan cara membuntutinya. Padahal hal ini dilarang. Terutama untuk ambulans yang dikawal oleh polisi. Pastinya ambulans tersebut akan sangat lancar menembus macet di jalan raya. Hal ini membuat banyak orang berusaha mengikutinya agar tidak terjebak dalam kemacetan dan bisa berkendara dengan lancar.

Menguntit atau mengikuti di belakang ambulans tidak diperbolehkan. Dikarenakan yang bisa mendapatkan prioritas tersebut hanyalah yang dikawal saja, dalam hal ini adalah ambulans gawat darurat atau ambulans jenazah.

Selain itu tanggung jawab dari polisi hanyalah untuk mengamankan ambulans yang dikawalnya saja sampai ke tempat yang dituju, seperti rumah sakit atau rumah duka.

Membuntuti mobil karoseri ambulans modifikasi terbaik yang dikawal oleh polisi juga bisa menyebabkan kepadatan lalu lintas sehingga memang tidak diperbolehkan. Selain itu hal tersebut juga bisa membahayakan orang yang dikawal oleh petugas tersebut.

Sudah ada juga peraturan yang menyatakan ada beberapa jenis kendaraan tertentu yang bisa mendapatkan hak prioritas di jalan raya seperti berikut:

  • Kendaraan untuk kepentingan tertentu yang sudah dipertimbangkan oleh petugas kepolisian.
  • Iring-iringan pengantar jenazah dalam hal ini bisa berupa mobil ambulans jenazah.
  • Kendaraan pimpinan dan pejabat dari negara asing hingga lembaga internasional yang menjadi tamu.
  • Kendaraan pimpinan lembaga negara.
  • Kendaraan yang bertujuan untuk memberikan pertolongan ketika ada kecelakaan. Dalam hal ini adalah ambulans gawat darurat.
  • Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang bertugas dan
  • Ambulans yang sedang membawa orang sakit.

Sedangkan prioritas ambulans juga diatur dalam Undang-undang yang menyatakan:

  1. Jika adanya isyarat lalu lintas dan rambu lalu lintas, maka tidak akan berlaku untuk kendaraan tersebut. Dalam hal ini berarti jika ada lampu merah maka ambulans tersebut bisa tetap menerobosnya karena memang dalam keadaan yang darurat.
  2. Pihak kepolisian akan melakukan pengamanan untuk jenis kendaraan berupa ambulans atau kendaraan lain yang sudah diatur di atas dengan keadaan yang darurat ataupun tidak.
  3. Kendaraan yang mendapatkan hak pengawalan tersebut bisa dikawal oleh kepolisian atau harus menggunakan sirene dan juga lampu biru atau merah. Jadi walaupun ambulans tersebut tidak dikawal dengan polisi, namun jika sudah menyalakan sirene dan juga lampu maka wajib untuk Anda memberikan jalan.

Kendaraan pribadi yang sengaja membuntuti ambulans dengan pengawalan maka bisa dikenakan denda sebanyak Rp 250.000 atau penjara dengan waktu maksimal selama 1 bulan. Untuk itu guna menghindari denda atau sanksi maka lebih baik Anda mengikuti aturan yang berlaku tersebut.

Tidak Perlu Repot Telepon Ambulance Rumah Sakit Lagi

Karena sekarang ada kami layanan TransMulia Ambulance yang siap sedia mengantarkan berbagai kebutuhan Anda seperti pengantaran pasien, gawat darurat hingga jenazah serta berbagai event. Kami memiliki layanan ambulans berkualitas yang bisa Anda sewa.

Caranya cukup hubungi armada kami di 021-27808720 (08:00-18:00) atau phone/ WhatsApp: 0852-1667-5553 (24 Jam). Kami memiliki karoseri ambulance modifikasi dari berbagai macam tipe mobil yang dapat Anda gunakan lengkap dengan petugasnya.

Your Thoughts

Call Now Button