Karoseri Kendaraan Ambulance

Karoseri Kendaraan Ambulance – Beberapa orang yang mengerti mengenai modifikasi mobil mungkin akan bertanya-tanya mengenai apakah kaki-kaki mobil untuk mobil ambulans akan diganti atau terjadi perubahan.

Ketika akan memodifikasi sebuah mobil biasa menjadi karoseri ambulans maka diperlukan penggantian atau perubahan untuk beberapa hal. Ambulans memang digunakan untuk keperluan penyelamatan, khususnya jika dalam kondisi yang darurat. Untuk itu dalam pembuatannya juga harus sesuai dengan standar yang berlaku.

Karoseri Kendaraan Ambulance

Salah satu yang mungkin banyak ditanyakan adalah apakah bagian kaki-kaki mobil akan diubah atau tidak. Namun sebelum itu penting untuk Anda mengetahui apa itu yang dimaksud dengan kaki-kaki.

Kaki-kaki pada mobil merupakan salah satu komponen yang cukup penting. Komponen tersebut berfungsi untuk menopang berat mobil ambulans secara keseluruhan. Beberapa komponen kaki-kaki tersebut seperti roda, suspensi, ball joint, bushing, bearing dan tie rod.

Ada beberapa jenis perombakan yang dilakukan untuk membuat mobil biasa menjadi karoseri ambulance.

Perombakan Pada Karoseri Kendaraan Ambulance

  • Bagian interior

Pertama yang juga pasti dilakukan adalah perombakan pada bagian interiornya. Bagian interior mobil biasa sudah pasti akan dirombak karena nantinya untuk karoseri ambulance membutuhkan banyak tempat yang cukup luas. Tempat tersebut nantinya akan digunakan untuk meletakkan berbagai macam perlengkapan medis.

Selain itu juga akan diletakkan matras untuk pasien dan bangku untuk tenaga medis yang bekerja. Oleh karenanya pemilihan jenis mobil akan sangat berpengaruh karena dibutuhkan jenis mobil yang memiliki ukuran di bagian belakang cukup luas.

Bagian interior karoseri kendaraan ambulance nanti akan dibuat menjadi lebih lapang dan hanya menyisakan dua bagian saja. pertama adalah bagian untuk pengemudi dan yang kedua adalah bagian untuk pasien, tenaga medis dan berbagai macam jenis perlengkapan yang digunakan.

  • Eksterior

Untuk bagian eksterior atau bagian luarnya biasanya akan dimodifikasi seperti dilakukan penambahan untuk lampu. Selain itu juga akan ditambahkan tulisan yang sesuai dengan pesanan karoseri kendaraan ambulance terbaik.

Warna asli dari mobil yang digunakan tersebut juga akan dicat menjadi warna putih yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Untuk bagian jendelanya juga akan menggunakan kaca film yang memiliki tingkat kegelapan sekitar 60% sampai 80%.

Untuk bagian kaki-kaki mobil nantinya masih akan menggunakan jenis yang asli atau bawaan dari mobil tersebut. Jadi tidak ada perubahan untuk bagian kaki-kakinya. Akan tetapi memang ketika mobil biasa diubah menjadi karoseri ambulans maka nantinya akan ada penambahan beban atau bobot untuk mobil tersebut.

Selama proses modifikasi tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku maka nantinya kaki-kaki mobil tersebut tidak perlu diganti dan akan tetap nyaman dan bisa untuk digunakan bermanuver di jalan raya.

Material Untuk Bahan Modifikasi Bodi Ambulans

Untuk memodifikasi bagian bodi ambulans terkadang perlu dilakukan beberapa tambahan. Bahkan jenis mobil ambulans juga memiliki bentuk yang berbeda dari mobil aslinya. Pembuatan bodi baru tersebut terkadang diperlukan karena mobil yang akan dimodifikasi kurang memenuhi persyaratan untuk digunakan sebagai mobil ambulans. Alasan lainnya adalah ada bagian yang tidak memungkinkan sehingga agar bisa digunakan sebagai mobil ambulans harus dimodifikasi atau ditambahkan untuk bagian bodinya.

Untuk bahan material yang digunakan dalam pembuatan bodi ambulans tersebut menggunakan jenis plat galvanis. Bahan ini memiliki berbagai macam kelebihan sehingga cocok untuk digunakan sebagai tambahan atau material untuk bodinya.

Bahan ini memiliki cukup banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari plat galvanis yang digunakan untuk modifikasi bodi kendaraan karoseri ambulance murah:

  • Tahan air

Kelebihan yang pertama dari penggunaan plat galvanis adalah tahan air. Untuk bagian dalam ambulans atau bagian bodinya tentunya haruslah menggunakan material yang tahan air. Hal ini karena ambulans akan tetap berjalan atau bekerja walaupun keadaan hujan deras sekalipun.

Untuk itulah dibutuhkan material yang bisa menahan air atau tahan air agar tidak bisa masuk ke bagian dalam mobil ambulans. Sehingga pasien akan tetap merasa nyaman di dalam ambulans walau dalam kondisi hujan lebat.

  • Lentur dan ringan

Kelebihan selanjutnya dari penggunaan plat galvanis untuk bodi ambulans adalah karena plat galvanis ini lentur dan juga ringan. Jika bahan yang digunakan cukup lentur maka akan lebih mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam bentuk yang sesuai untuk bodi ambulans tersebut. Selain itu plat galvanis juga dipilih karena memiliki bobot yang ringan. Hal ini sangat penting karena ambulans sudah akan terkena tambahan bobot karena adanya modifikasi.

Selain itu juga nantinya akan ditambahkan dengan berbagai macam perlengkapan medis di dalamnya sehingga juga akan menambah berat atau bobot dari ambulans tersebut. untuk menghindari ambulans yang terlalu berat dan bisa berakibat pada kurang nyamannya saat dikendarai, maka penting untuk menggunakan jenis material modifikasi bodi yang cukup ringan.

Ukuran plat galvanis yang digunakan untuk modifikasi bodi tersebut adalah dengan ketebalan sekitar 0,8 mm dan ada juga yang menggunakan 1 mm. Ketebalan yang berbeda-beda tersebut disesuaikan dengan kondisi dari ambulans tersebut. ketebalan mana yang lebih cocok untuk digunakan dalam modifikasi.

Untuk membantu agar konstruksi modifikasi tersebut tetap kokoh, maka digunakanlah besi baja ringan. Besi baja tersebut tetap kuat walaupun dengan bobot yang ringan. Namun yang perlu diketahui adalah pembuatan bodi tambahan tersebut tidak dilakukan untuk semua jenis mobil.

Hanya beberapa jenis mobil saja yang mengharuskan untuk dilakukan penambahan bodi. Misalnya adalah mobil dengan jenis pick-up double cabin yang perlu diberikan tambahan untuk di bagian belakangnya. Selain itu juga ada jenis mobil Van dan MPV yang bagian atapnya perlu dihilangkan.

Selain material di atas juga ada material lainnya yang digunakan. Material tersebut adalah kaca tempered standar yang digunakan untuk kaca jendela. Jenis kaca ini dipilih juga karena memiliki beberapa kelebihan yang bagus. Kelebihan yang pertama adalah kaca ini lebih aman.

Jika jenis kaca lainnya akan pecah dan pecahannya bisa sangat runcing, berbeda dengan jenis kaca ini. Kaca tempered saat pecah akan berbentuk butiran sehingga tidak terlalu berbahaya jika pecah.

Kelebihan yang selanjutnya adalah lebih tahan pada suhu yang ekstrem. Pada dasarnya semua kaca akan memuai dan lebih mudah untuk pecah jika terkena panas. Akan tetapi hal ini berbeda jika menggunakan kaca tempered. Kaca tempered tidak akan mudah memuai karena ketika menerima suhu yang panas tidak akan langsung menyebar.

Selain itu pada bagian pinggiran kaca juga masih cukup dingin sehingga risiko untuk pecah juga akan lebih terminimalisir. Biaya kendaraan karoseri ambulance yang Anda dapatkan biasanya sudah termasuk dengan berbagai macam modifikasi yang diberikan. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk keamanan atau modifikasi tersebut.

Butuh Jasa Karoseri Ambulance Secepatnya?

TransMulia Ambulance menyediakan kebutuhan ambulance terbaik yang bisa Anda sewa dan hubungi kapan saja di 021-27808720 (08:00-18:00) atau phone/ WhatsApp ke 0852-1667-5553 (24 Jam). Kami adalah perusahaan yang menyediakan armada mobil ambulans berbagai macam tipe untuk kebutuhan seperti:

  • Ambulans jenazah, gawat darurat pasien
  • Ambulans event
  • Peti mati
  • Memandikan jenazah
  • Karoseri
  • Keranda, dll.

Jadi Anda yang tidak hanya butuh karoseri kendaraan ambulance, dapat hubungi kami.

Your Thoughts

× WhatsApp