Karoseri Mobil Ambulance

Karoseri Mobil Ambulance – Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa jika ada ambulans maka penting untuk mendahulukannya di jalan raya. Akan tetapi mungkin yang banyak tidak diketahui orang adalah bahwa pengemudi juga memiliki aturan dalam mengemudikan ambulans.

Karoseri Mobil Ambulance

Walaupun sopir ambulans boleh untuk mengemudi dalam kecepatan tinggi, akan tetapi sopir atau pengemudi tetap harus memperhitungkan jaraknya sehingga akan aman untuk mengemudi dengan kecepatan tertentu.

Aturan untuk Mengemudi Karoseri Mobil Ambulance

  • Menyalakan alat peringatan

Semua ambulans sudah dibekali dengan alat peringatan berupa sirene. Sirene tersebut wajib untuk dinyalakan ketika di jalan raya. Akan tetapi penggunaan sirene tersebut memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sirene yang ada di mobil ambulans hanya boleh digunakan untuk keadaan darurat saja. misalnya pasien gawat darurat yang membutuhkan penanganan dengan segera atau mobil ambulans yang harus datang ke lokasi kecelakaan dengan segera.

Adanya sirene tersebut akan memudahkan bagi pengguna jalan lainnya agar bisa segera menepikan kendaraannya atau memberikan jalan untuk mobil ambulans tersebut. Namun penting untuk diketahui pengemudi tidak boleh secara sembarangan menyalakan sirene peringatan.

Hal ini karena ada beberapa jenis sirene yang digunakan untuk kondisi tertentu. contohnya sirene untuk pasien dengan keadaan darurat atau tidak memiliki tempo suara yang berbeda. Tempo atau bunyi suara sirene tertentu bisa membantu untuk memberitahukan mengenai keadaan yang sedang terjadi pada ambulans tersebut.

  • Menggunakan lampu rotator

Selain sirene, pada mobil ambulans juga dibekali dengan lampu rotator. Lampu tersebut juga hampir sama kegunaannya seperti sirene yaitu sebagai tanda atau himbauan untuk pengguna jalan agar memberikan jalan untuk mobil ambulans agar bisa lewat. Lampu rotator tersebut biasanya bisa digunakan baik disiang hari ataupun di malam hari. Namun memang akan lebih berguna jika digunakan di malam hari.

  • Memperhitungkan jarak mengemudi

Sopir mobil ambulans memang diperbolehkan untuk mengemudikan ambulans dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini diperlukan untuk membantu membawa pasien dengan segera menuju rumah sakit. terutama jika dalam kondisi yang darurat. Akan tetapi bukan berarti sebuah mobil ambulans diperbolehkan untuk mengemudikannya tanpa aturan.

Sopir ambulans hendaknya tahu kapan harus menambah atau mengurangi kecepatan. Terutama jika terjadi macet dan lain sebagainya. Sopir ambulans hendaknya bisa memperkirakan jarak antara kendaraan di depannya dan juga jarak untuk melakukan pengereman. Jangan sampai walaupun menggunakan ambulans bisa saja justru terjadi kecelakaan karena kurang bisa mengatur jarak dengan baik.

  • Menggunakan pengaman

Semua kendaraan baik ambulans ataupun bukan memang sangat penting untuk menggunakan pengaman saat berkendara. Terutama untuk karoseri mobil ambulans terbaik dengan kecepatan tinggi. Baik sopir, perawat, dokter juga harus menggunakan sabuk pengaman. Bahkan pasien yang ada dalamnya akan menggunakan pengaman agar tetap selamat dan aman sampai ke rumah sakit yang dituju.

  • Memiliki lisensi

Aturan selanjutnya yang juga penting adalah sopir atau pengemudi ambulans harusnya memiliki lisensi untuk bisa mengemudikan ambulans tersebut. Selain itu biasanya mereka juga akan dilatih terlebih dulu agar bisa mengemudikan dan juga melakukan beberapa hal mengenai pasien dengan tepat.

Hal ini dikarenakan terkadang pengemudi juga harus bisa melakukan tindakan pertolongan pertama pada pasien. Oleh karena itu setidaknya mereka bisa melakukan CPR atau sudah mendapatkan pelantikan untuk melakukan tindakan medis secara darurat.

Tipe Bunyi Sirene Pada Ambulans

Salah satu yang khas jika menggunakan ambulans adalah adanya sirene. Sirene pada ambulans tersebut berguna sebagai tanda peringatan bahwa ada mobil ambulans yang sedang melintas.

Oleh karenanya pengguna jalan diharapkan segera memberikan jalan untuk ambulans tersebut. Namun beberapa orang mungkin tidak mengetahui bahwa ada beberapa jenis sirene yang digunakan dalam mobil ambulans. Beberapa sirene tersebut bahkan memiliki fungsi atau makna yang berbeda-beda seperti:

  • Sirene bunyi unik

Pertama adalah jenis sirene bunyi unik. Sirene ini memiliki tempo yang lambat. Jika mobil ambulans dengan bunyi sirene seperti ini berarti menandakan bahwa mobil tersebut sedang membawa jenazah sehingga diharapkan untuk pengguna jalan tetap memberikan jalan agar mobil ambulans tersebut bisa melintas. Biasanya karoseri mobil ambulance murah yang Anda pesan akan memiliki jenis bunyi sirene seperti ini. Akan tetapi kebanyakan memang yang menggunakan sirene ini adalah untuk mobil jenazah saja.

  • Sirene tempo cepat

Selanjutnya ada mobil ambulans yang menyalakan sirene dengan tempo yang cukup cepat. Biasanya jenis ambulans yang menyalakan sirene seperti ini adalah ambulans yang sedang membawa pasien gawat darurat. Itulah mengapa bunyi sirene ini digunakan karena dimaksudkan untuk memberi tahu pengguna jalan bahwa sedang ada pasien yang membutuhkan penanganan dengan segera.

Untuk itu ketika Anda mendengar ambulans dengan bunyi sirene yang cepat, maka lebih baik untuk memelankan laju kendaraan Anda dan mengambil jalur tepi agar ambulans tersebut bisa melaju dengan kencang dan tanpa ada hambatan.

  • Sirene dengan tempo yang sedikit lebih cepat

Selain ambulans dengan tempo sirene yang cepat, juga ada ambulans yang menyalakan sirene dengan tempo yang sedikit lebih lambat dari yang sebelumnya. Bunyi atau tempo dari sirene yang satu ini hampir sama dengan sirene mobil polisi.

Sirene ini menandakan bahwa pasien yang ada di dalam ambulans tersebut sedang tidak dalam kondisi yang darurat. Biaya karoseri mobil ambulance dengan sirene tersebut biasanya juga sama dengan jenis ambulans yang lainnya.

  • Sirene palang kereta

Suara atau jenis sirene yang terakhir adalah sirene palang kereta. Sirene jenis ini memiliki suara yang hampir sama dengan palang pintu kereta api. Jadi bunyi tersebut memiliki tempo suara yang cukup pelan atau lambat.

Tanda dari ambulans yang menyalakan sirene dengan suara seperti itu adalah untuk memberitahukan bahwa ambulans sedang menjemput pasien. Namun walaupun bukan dalam keadaan yang genting, tetap saja Anda perlu memprioritaskan ambulans tersebut agar bisa lewat dengan mudah.

Penggunaan mobil ambulans memang tidak bisa seenaknya saja. pengemudi ambulans atau sopir tersebut haruslah memiliki beberapa persyaratan yang penting. Seperti sudah pasti harus memiliki surat izin mengemudi dan sudah mengikuti pelatihan dasar untuk pertolongan pertama.

Walaupun begitu seorang pengemudi ambulans juga harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Ambulans memang diperbolehkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi. Akan tetapi tetap harus memperhatikan mengenai keselamatan pasien dan juga pengguna jalan lainnya. Itulah mengapa ambulans juga dibekali dengan adanya sirene.

Sirene yang ada pada ambulans tersebut berguna sebagai tanda atau peringatan untuk para pengguna jalan lainnya. Sehingga pengguna jalan akan mengetahui bahwa sedang ada ambulans yang membawa pasien dengan keadaan tertentu yang membutuhkan pertolongan. Itulah mengapa penting untuk selalu mendahulukan ambulans dan meminggirkan kendaraan ketika Anda sedang dalam kondisi di jalan raya.

TransMulia Ambulance turut menyediakan armada ambulans guna memenuhi keperluan Anda dalam hal pengantaran pasien, pasien gawat darurat hingga jenazah. Selain itu kami juga menawarkan jasa karoseri mobil ambulance terbaik. Silahkan hubungi 021-27808720 (pukul 08:00-18:00) atau nomor phone / WhatsApp di 0852-1667-5553 (untuk 24 Jam) untuk sewa mobil kami. Sudah disediakan petugas berpengalaman pula.

Your Thoughts

× WhatsApp