Pengiriman Jenazah via Pesawat

Categories: Cargo Jenazah

Pengiriman Jenazah via Pesawat – Mungkin bukan hal baru yang didengar oleh masyarakat. Cara mengirimkan jenazah menggunakan pesawat atau lewat jalur udara ini telah banyak menjadi pilihan karena beberapa keunggulannya. Akan tetapi masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara atau mekanisme dari pengiriman jenazah melalui jalur udara ini.

Orang awam yang belum paham akan hal ini tentunya akan mengkhawatirkan bagaimana kondisi jenazah di dalam pesawat nanti, ataukah akan dijadikan satu dengan barang-barang di dalam kargo atau dibawa ke ruang khusus di kabin pesawat? Lantas bagaimana dengan cara mendaftarkan pengiriman jenazah melalui pesawat atau melalui jalur udara ini?

Mengapa Perlu Layanan Pengiriman Jenazah via Pesawat?

Mengirimkan jenazah lewat jalur udara atau menggunakan pesawat pastinya sangat diperlukan. Khususnya untuk mereka yang tidak tinggal atau berdomisili di daerah yang mereka tinggali. Misalnya seperti seseorang yang tengah merantau di luar kota, luar pulau bahkan di luar negeri. Pastinya pihak keluarga ingin jika jenazah sanak saudara mereka dikebumikan di tanah kelahirannya.

Pengiriman Jenazah via Pesawat

Layanan pengiriman jenazah via pesawat ini akan mempermudah jenazah untuk sampai ke tujuan dengan lebih cepat. Seperti yang diketahui jika jenazah atau tubuh yang sudah tak bernyawa akan mengalami oksidasi jika terlalu lama dalam suhu ruang. Artinya jenazah akan bisa membusuk lebih cepat jika tidak segera diambil tindakan pemakaman.

Melalui jasa pengiriman jenazah menggunakan pesawat ini akan mempercepat proses pengiriman. Seperti yang diketahui jika perjalanan melalui udara lebih cepat dibandingkan dengan perjalanan melalui darat atau laut, dengan begitu akan mempermudah dan menghindari pembusukan jenazah dan bisa segera diambil tindakan pemakaman.

Beberapa Keunggulan Pengiriman Jenazah via Pesawat

Ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan melalui layanan pengiriman jenazah melalui jalur udara. Mengirimkan jenazah menggunakan pesawat juga merupakan salah satu pilihan yang tepat lantaran beberapa keunggulannya berikut ini, seperti apa?

1. Lebih hemat waktu

Perjalanan melalui udara memang lebih cepat dibandingkan dengan harus menempuh perjalanan melalui darat dan laut. Apalagi jika jaraknya terpisahkan oleh laut, seperti antar pulau atau antar negara. Mengingat jenazah yang cepat teroksidasi, maka pengiriman melalui jalur udara adalah pilihan yang paling tepat.

2. Menghemat tenaga

Mengirimkan jenazah lewat jalur udara juga dapat lebih menghemat tenaga. Pasalnya untuk jarak yang jauh, pastinya pengiriman jenazah akan berjalan lebih lama, dengan menggunakan jasa pesawat melalui jalur udara akan menghemat tenaga karena waktunya bisa dipangkas atau dipersingkat.

Hal ini dikarenakan biasanya pihak kerabat atau keluarga akan ikut mengantarkan atau menemani jenazah selama perjalanan. Oleh karena itu menggunakan layanan transportasi udara menjadi pilihan yang tepat agar lebih menghemat tenaga.

3. Menjaga kondisi jenazah lebih baik

Proses meninggalnya jenazah berbeda-beda, ada yang karena sakit, kecelakaan dan sebagainya. Beberapa kondisi jenazah perlu untuk dikebumikan secara cepat lantaran menanggulangi kondisi jenazah yang semakin memburuk. Oleh karena itu proses pengiriman yang cepat dan tepat sangat perlu dilakukan.

Hal ini pula yang menjadi pertimbangan untuk melakukan pengiriman jenazah melalui pesawat karena pengiriman menggunakan pesawat lebih cepat, aman dan juga lebih terpercaya waktu tibanya di lokasi.

Prosedur Yang Harus Disiapkan untuk Mengirim Jenazah via Pesawat

Untuk mengirimkan jenazah menggunakan transportasi udara pastinya tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal atau prosedur yang harus disiapkan dan juga dipenuhi, sebab pihak maskapai penerbangan mengharuskan adanya beberapa hal berikut untuk mengirimkan jenazah. Apa sajakah itu?

Beberapa syarat administrasi yang harus disertakan antara lain adalah surat kematian dari pihak rumah sakit, surat karantina dan yang terpenting adalah surat dari pihak kepolisian. Mengapa harus menyertakan surat dari pihak kepolisian? Hal ini menjadi penting sebab surat dari kepolisian untuk memastikan kematian jenazah yang bersangkutan sudah ditangani oleh pihak kepolisian.

Jenazah yang akan dikirim melalui jalur udara juga harus melalui persyaratan seperti mengisi surat kematian dan harus ada surat embalming yang berarti jenazah sudah diformalin untuk mencegah pembusukan.

Sementara itu, di samping kelengkapan syarat administrasi, untuk pengiriman jenazah melalui jalur udara menggunakan pesawat komersil wajib didampingi oleh satu orang kerabat atau keluarga, jadi pengiriman jenazah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa pengawalan dari orang terdekat yang dikenal dalam satu pesawat.

Sesuai aturan yang berlaku, untuk pengiriman jenazah menggunakan pesawat komersil jenazah harus ada di dalam kargo pesawat setidaknya dua jam sebelum keberangkatan pesawat. Jika datang terlambat, maka sama halnya yang berlaku pada penumpang lainnya yang tentu akan ditinggal tanpa perlakuan khusus.

Berapa Biaya Pengiriman Jenazah via Pesawat?

Seperti halnya mengirimkan benda atau barang melalui jasa kargo pesawat, ataupun seperti halnya penumpang yang duduk di kabin pesawat, mengirimkan jenazah juga membutuhkan biaya yang sudah ditetapkan oleh PT Angkasa Pura II yang sudah membuka layanan pengiriman jenazah melalui jalur udara.

Layanan ini disebut dengan Human Remain Services atau lebih dikenal dengan layanan kargo jenazah. Di sini, Angkasa Pura II bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mengurus pengiriman jenazah, mulai dari ambulans, tempat atau ruang tunggu hingga pengurusan dokumen sebagai syarat administrasi pengiriman jenazah.

Tarif yang berlaku untuk pengiriman jenazah dibedakan menjadi dua yaitu layanan jarak domestik dan juga mancanegara. Meski disebutkan bahwa biaya antar jenazah ini masih terus akan dievaluasi akan tetapi jasa penanganannya saja dikisarkan pada angka Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta.

Biaya ini sudah termasuk pada biaya jasa gudang, biaya bongkar muat, biaya pengantar jenazah, biaya ruang persemayaman sementara dan juga biaya pengurusan dokumen. Untuk pengiriman jenazah dari dan ke luar negeri ada selisih antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta untuk biaya custom Bea Cukai dan juga untuk biaya imigrasi.

Sementara itu untuk pengiriman, diperlukan biaya tambahan bergantung pada tujuan penerbangan. Angkasa Pura II telah mematok biaya paket yang sudah mencakup biaya penanganan tadi. Indonesia dibagi menjadi tiga zona untuk pengiriman jenazah. Zona 1 yang meliputi Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang dan Surabaya dipatok pada angka Rp 6 juta.

Sementara untuk zona 2 yang meliputi Jambi, Tanjung Karang, Tanjung Pinang sampai Palembang dikenakan biaya Rp 7 juta. Sedangkan untuk zona 3 yang meliputi Pontianak, Pekanbaru dan Batam dikenakan biaya Rp 8 juta. Pematokan biaya ini dilakukan untuk mencegah adanya agen yang nakal atau mematok biaya terlalu tinggi.

Setelah mengetahui beberapa keuntungan, keunggulan, prosedur dan juga biaya untuk mengirimkan jenazah melalui jalur udara atau dengan pesawat, anda tak perlu khawatir lagi. Untuk membantu hal ini, jasa kami dengan profesional akan membantu anda. Anda bisa mengunjungi website kami di https://transmuliaambulance.id/ untuk mendapat info lebih lanjut.

Sending
User Rating 5 (1 vote)
× WhatsApp