Penyewaan Ambulance di Medan – Sebelum melakukan penyewaan, Anda perlu mengecek apakah ambulance yang akan disewa sudah mendapatkan izin dari pemerintah. Berikut akan dibahas tentang tata cara perizinan ambulance, tips memilih jasa ambulance, layanan ambulance, serta kendala penyewaan ambulance yang sering dijumpai.
Daftar Isi
Ketentuan Izin Jasa Penyewaan Ambulance di Medan
-
Jenis Ambulance
Dalam operasional pelayanan, ambulance terdiri dari tiga jenis yaitu ambulance kota, udara, dan air. Berikut penjelasan masing-masing beda dan fungsinya.
- Ambulance kota
Ambulance kota merupakan transportasi darat yang digunakan untuk mengevakuasi dan merawat pasien. Saat beroperasi jasa ambulance kota harus sudah mendapat izin dan dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang sesuai standar.
Setiap badan hukum, perorangan maupun instansi yang menyelenggarakan pelayanan ambulance wajib mempunyai izin dari badan layanan terpadu satu pintu (BPTSP). Izin berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang.
- Ambulance udara dan air
Sama seperti ambulance kota, ambulance udara dan air memiliki fungsi dan perizinan yang serupa hanya saja berbeda jalur transportasinya. Ambulance udara beroperasi melalui jalur udara dalam bentuk pesawat, sementara ambulance air beroperasi baik di laut maupun sungai.
-
Petugas Ambulance
Saat beroperasi mobil ambulance setidaknya harus melibatkan tenaga medis 1 orang dan sopir 1 orang. Baik tenaga medis dan sopir harus memiliki kemampuan dasar di bidangnya masing-masing serta keahlian life saving. Kemampuan dapat dibuktikan dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga terakreditasi.
Khusus untuk nakhoda ambulance air, pengemudi harus mengikuti pelatihan defensive driving untuk nantinya dibuktikan dengan dokumen atau sertifikat.
-
Membuat Izin Tertulis
Bagi perorangan, badan hukum atau instansi yang hendak menyelenggarakan pelayanan ambulance harus membuat izin tertulis terlebih dulu kepada BPTSP.
-
Kelengkapan Syarat Administrasi
Pengajuan permohonan izin penyelenggaraan usaha penyewaan ambulance di Medan harus melengkapi syarat administrasi yang terdiri dari:
-
- Identitas pemohon untuk warga negara Indonesia (WNI) meliputi kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), nomor pokok wajib pajak (NPWP). Sedangkan untuk warga negara asing (WNA): paspor, dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)/visa.
- Surat permohonan dan di dalamnya telah terdapat keabsahan dan kebenaran bermeterai.
- Akta Pendirian
- Akta Perubahan SK
- NPWB Badan Hukum
- Surat Kuasa Bermeterai (bila dikuasakan)
- KTP orang yang diberi kuasa
- Fotokopi sarana kesehatan
- Fotokopi dokumen basic trauma and cardio life support (BTCLS)
- Surat tanda registrasi perawat minimal 1 orang
- STNK
- BPKB
- Buku KIR kendaraan sebagai ambulance
- SIM
- Daftar kelengkapan ambulance
- Checklist pernyataan dari BPTSP
- Sertifikat dari unit pelayanan ambulance
- Sertifikat registrasi uji tipe dari kementerian perhubungan Republik Indonesia.
Kendala Menyewa Ambulance yang Bisa Terjadi
-
Tidak Dapat Melayani Kebutuhan Antar Kota
Sering dijumpai jasa sewa ambulance tidak menyediakan layanan ambulance antar kota. Hal tersebut tentu menyulitkan masyarakat ketika ingin menyewa ambulance. Maka dari itu, jasa penyewaan ambulance di Medan hadir memberikan beragam fasilitas yang lengkap, salah satunya ambulance antar kota.
-
Tidak Tersedia Selama 24 Jam
Keadaan darurat dapat terjadi kapan pun, sehingga penyediaan layanan ambulance selama 24 jam sangat dibutuhkan. Perusahaan ambulance terkadang tidak siaga selama 24 jam yang menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pengguna.
Berangkat dari persoalan tersebut, perusahaan sewa ambulance TransMulia berkomitmen untuk melayani pengguna selama 24 jam non stop. Anda dapat memesan ambulance secara online melalui nomor resmi kami yaitu di 0852-1667-5553 atau email ke info@transmuliaambulance.id.
Tips Memilih Jasa Penyewaan Ambulance
- SOP yang Jelas
Jasa penyewaan ambulance memiliki standar yang jelas dalam operasionalnya. Sangat penting untuk mengetahui komponen dan quality control pada ambulance. Tanpa SOP yang jelas, ambulance tidak dapat beroperasi sebagaimana standar yang berlaku.
- Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda
Tujuan menyewa ambulance bermacam-macam, mulai dari mengantar pasien ke rumah sakit atau membawa jenazah. Penyewa dapat menentukan terlebih dahulu tujuan menyewa ambulance. Kemudian dapat menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.
- Layanan yang Disediakan
Mengetahui layanan yang ditawarkan perusahaan sewa ambulance adalah hal terpenting. Informasi layanan dapat diperoleh dengan menanyakan kepada perusahaan tersebut layanan apa saja yang tersedia dan manakah yang sesuai dengan kebutuhan.
Contohnya menyewa ambulance untuk acara besar selama beberapa hari. Tentu tarif dan fasilitasnya berbeda dengan menyewa ambulance satu hari untuk mengantar jenazah. Sehingga pastikan layanan tersebut memang sesuai dengan kebutuhan.
- Tenaga Medis Profesional
Tidak hanya fasilitas medis yang lengkap, layanan sewa ambulance perlu menyediakan tenaga medis profesional untuk menunjang layanan tersebut. Pastikan untuk mengetahui track record perusahaan sewa ambulance dan bagaimana kinerja tim medisnya. Apakah mereka memilihi sertifikat keahlian dan berpengalaman di bidangnya.
- Armada Terawat
Pastikan kendaraan yang akan disewa benar-benar terawat sebelum menyewanya. Anda dapat mengecek apakah ambulance dalam kondisi prima dan tidak ada kerusakan maupun gangguan mesin. Selain itu, mengecek kelengkapan fasilitas medis tidak boleh dilewatkan begitu saja. Terlebih jika ambulance akan digunakan untuk merawat pasien.
- Rekomendasi Kenalan
Anda dapat meminta saran pada teman ataupun kenalan yang sudah pernah menggunakan layanan penyewaan ambulance di Medan terbaik. Cara ini lebih praktis karena penyewa dapat menanyakan spesifikasi ambulance sebelum menghubungi pihak jasa sewa ambulance.
- Mudah Diakses
Sebaiknya Anda memilih perusahaan sewa ambulance yang mudah diakses. Mudah diakses artinya berada di lokasi strategis dan buka setiap hari. Serta proses penyewaan ambulance tidak memerlukan tahapan yang rumit
- Jasa Resmi
Pastikan perusahaan yang Anda pilih merupakan tempat penyewaan ambulance di Medan resmi.
Perusahaan resmi umumnya telah berizin dan mempunyai fasilitas dan layanan yang lengkap. Ditambah dengan tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman. Sehingga Anda dapat merasa percaya dan nyaman menggunakan jasa tersebut.
- Aturan Pelayanan
Belum banyak yang mengetahui bahwa beberapa layanan ambulance tidak termasuk ke dalam BPJS.
Beberapa layanan ambulance yang tidak ditanggung BPJS antara lain antar jemput pasien, mobil jenazah dan untuk kebutuhan rujukan parsial. Ambulance hanya diperuntukkan khusus pasien rujukan dengan kondisi tertentu. Sebagaimana yang diatur dalam peraturan menteri kesehatan RI pasal 29 nomor 71 tahun 2013 tentang pelayanan kesehatan.
Selain itu pelayanan mobil ambulance juga hanya bisa dijamin saat rujukan dilakukan oleh fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS atau kerja sama penyewaan ambulance di Medan dengan BPJS. Serta kondisi lain seperti kasus gawat darurat dan membutuhkan ambulance untuk keselamatan nyawa pasien.
Demikian ulasan mengenai penyewaan ambulance di Medan. Sebelum Anda menyewa ambulance jangan pernah lewatkan informasi penting tentang seluk beluk ambulance. Informasi tersebut dapat membantu Anda dalam menemukan jasa sewa ambulance yang tepat sesuai kebutuhan dan keinginan.
Ambulance yang baik adalah ambulance yang memenuhi standar. Baik dari segi fisik berupa mobil dan perlengkapannya, serta dari segi layanan berupa tenaga medis, sopir dan jasa yang diberlakukan. Terakhir pastikan perusahaan sewa ambulance yang Anda pilih tidak memiliki kendala apa pun.