Prosedur Pengiriman Jenazah Via Udara – Jika ada kerabat Anda yang ingin mengirimkan jenazah ke luar kota maka tak perlu merasa khawatir. Ada banyak sekali jasa pengiriman jenazah yang bisa Anda gunakan, khususnya jasa pengiriman melalui pesawat. Sebelum menggunakan jasa tersebut, Anda diwajibkan untuk memenuhi prosedur pengiriman jenazah lewat udara terlebih dahulu agar proses pengiriman berjalan lancar.
Beberapa prosedur yang harus dipenuhi apabila ingin melakukan proses pengiriman jenazah melalui pesawat umumnya adalah beberpaa surat keterangan. Surat keterangan tersebut bisa didapatkan di rumah sakit terkait.
Daftar Isi
Prosedur Yang Harus Dipenuhi Jika Menggunakan Jasa Pengiriman Menggunakan Pesawat
Sebelum menggunakan jasa pengiriman jenazah menggunakan layanan pesawat terbang ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Prosedur-prosedur tersebut harus dipenuhi dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan kelegalan dari proses pengiriman jenazah.
Hal ini tentu saja berbeda dengan proses pengiriman barang melalui pesawat terbang. Ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan ketika akan mengirimkan jenazah melalui pesawat terbang. Biasanya berkas tersebut akan diminta dan ditagih oleh pihak maskapai sebelum keberangkatan jenazah yang akan dikirim.
Adapun beberapa prosedur yang harus dipenuhi sebelum melakukan pengiriman jenazah menggunakan pesawat terbang antara lain adalah:
1. Mempersiapkan surat keterangan kematian. Biasanya surat keterangan kematian ini akan diterbitkan ataupun dikeluarkan oleh pihak kepolisian Republik Indonesia.
2. Mempersiapkan lampiran dari identitas lengkap jenazah yang akan dikirim. Adapun lampiran identitas lengkap jenazah tersebut terdiri dari fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari jenazah dan beberapa fotocopy kartu identitas lainnya.
3. Mempersiapkan lampiran dari identitas pendamping jenazah. Semua pendamping jenazah haruslah melampirkan identitasnya. Adapun lampiran identitas pendamping jenazah adalah fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing pendamping yangakannikut di pesawat.
4. Mempersiapkan surat keterangan yang menerangkan bahwa jenazah yang akan dikirim sudah melalui proses pengawetan menggunakan formalin terlebih dahulu. Biasanya surat tersebut diberikan dan dikeluarkan oleh pihak rumah sakit dimana jenazah tersebut diawetkan. Adapun tujuan pemberian formalin pada jenazah adalah agar jenazah tersebut awet selama proses pengiriman
5. Jenazah yang akan dikirim melalui pesawat terbang, haruslah dimasukkan ke dalam peti. Adapun peti yang digunakan adalah jenis peti yang dilapisi dengan lapisan seng. Peti tersebut haruslah peti yang berasal dari rumah sakit, hal ini dikarenakan peti yang berasal dari rumah sakit merupakan jenis peti yang sudah memenuhi standar untuk proses pengiriman jenazah.
6. Jenazah yang akan dikirimkan melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat terbang haruslah jenazah yang bebas dari penyakit menular semasa hidupnya. Untuk memastikan hal tersebut, jenazah harus mengantongi surat keterangan dari pihak rumah sakit ataupun balai karantina . Surat keterangan tersebut merupakan surat yang berisi keterangan bahwa jenazah tersebut bebas dari penyakit menular yang bisa saja menjangkiti orang-orang yang ada di sekitarnya.
Semua prosedur pengiriman jenazah lewat udara tersebut haruslah dipenuhi sebelum melakukan pengiriman jenazah menggunakan pesawat terbang. Nantinya prosedur dan kelengkapan berkas tersebut akan diseleksi oleh pihak maskapai yang Anda pilih untuk mengirimkan jenazah. Jika satu prosedur saja tidak terpenuhi, maka proses pengiriman jenazah tidak akan bisa dilakukan.
Dokumen Yang Harus Dipersiapkan Ketika Menggunakan Jasa Penerbangan untuk Proses Pengiriman Jenazah
Selain beberapa prosedur yang harus dipenuhi, ternyata ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan sebelum mengirimkan jenazah melalui pesawat terbang. Biasanya dokumen ini akan ditagih dan diminta oleh pihak maskapai penerbangan yang akan digunakan sebagai pengantar jenazah. Apabila dokumen yang diminta belum lengkap, maka pengajuan penggunaan pesawat terbang milik maskapai tersebut biasanya akan ditunda sampai dokumen yang diminta tersebut lengkap. Berikut ini merupakan dokumen yang harus disiapkan ketikan akan menggunakan jasa penerbangan untuk proses pengiriman jenazah:
1. Surat keterangan kematian dari pihak kepolisian Republik Indonesia
2. Sertifikat outopsi yang diberikan oleh pihak rumah sakit apabila jenazah tersebut menjalani proses outopsi.
3. Surat keterangan bahwa janazah telah melewati proses pengawetan menggunakan formalin yang biasanya dikeluarkan oleh pihak rumah sakit
4. Airway autorite
5. Surat pemberitahuan bahwa jenazah yang akan dikirim terbebas dari penyakit menular yang bisa menimbulkan resiko penularan penyakit bagi orang di sekitarnya
6. Notificatin Whitin Captain (NOTOC)
7. Shipping consultation
8. Surat pemberitahuan mengenai isi cargo pesawat
9. Surat dari kepolisian setempat
Dokumen tersebut harus dipenuhi sebelum jenazah yang akan dikirimkan sampai ke bandara. Nantinya dokumen tersebut digunakan oleh pihak maskapai penerbangan untuk proses pendataan dan validasi kelegalitasan dari jenazah yang akan dikirim menggunakan pesawat milik maskapainya.
Besar Tarif yang Digunakan dalam Prosedur Pengiriman Jenazah Lewat Udara
Jika Anda ingin menggunakan jasa pengiriman jenazah melalui udara, maka hal lain yang perlu dipersiapkan prosedur pengiriman jenazah lewat udara adalah uang pembayaran. Pihak penyedia jasa pengiriman jenazah biasanya akan melakukan proses pada jenazah tersebut apabila Anda telah melunasi ataupun membayar uang muka dari penggunaan jasa tersebut.
Oleh karena itu, penting mengetahui berapakah besar tarif yang digunakan untuk melakukan pengiriman jenazah menggunakan jasa pesawat terbang. Biasanya tarif yang berlaku akan disesuaikan dengan jenis pesawat dan jenis maskapai apa yang akan digunakan. Pilihlah jenis pesawat dan maskapai penerbangan yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.
Biasanya penyedia layanan jasa pengiriman jenazah akan memiliki pilihan maskapai yang akan digunakan untuk mengirim jenazah dan berapakah besar tarif untuk masing-masing maskapai tersebut. Jasa pengiriman jenazah TransMulia Ambulance memiliki banyak sekali pilihan jenis maskapai yang bisa digunakan, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial.
Untuk pengiriman secara Internasional, baisanya tarif yang dikenakan menggunakan rate classification dengan berdasarkan golongan dari masing-masing cargo yang digunakan. Tarif tersebut nantinya akan dihitung menggunakan sistem Actual Gross Weight (AGW).
Cara Membayar Biaya Pengiriman Jenazah Melalui Udara
Setelah mengetahui besar tarif yang akan dibayar berdasarkan jenis maskapai apa yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah proses pembayaran tarif tersebut. Anda dapat melunasi biaya pengiriman tersebut dengan dua cara. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara cash dan cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan cara collect.
Biaya pengiriman jenazah lewat udara tergantung pada berat, ukuran, dan tujuan pengiriman jenazah. Biaya ini bisa dibayar dengan dua cara, yaitu cash atau collect. Pembayaran dengan cara cash dilakukan dengan membayar tarif tersebut secara langsung pada pihak maskapai sebelum cargo yang berisi jenazah dikirim. Sedangkan pembayaran dengan cara collect dilakukan dengan cara membayar pada saat cargo yang berisi jenazah telah sampai ke tempat tujuan. Namun pembayaran dengan cara cash umumnya lebih sering digunakan.
Demikianlah prosedur pengiriman jenazah lewat udara dan beberapa jenis dokumen yang harus dilengkapi. Untuk memudahkan proses pengiriman jenazah via udara maka Anda bisa menggunakan jasa TransMulia Ambulance yang merupakan salah satu jasa pengiriman jenazah terbaik di Indonesia. Selain itu, pelayanan yang diberikan juga merupakan jenis pelayanan terbaik karena TransMulia Ambulance memiliki tim profesional, armada lengkap, fasilitas medis, dan harga terjangkau. Jadi, jika Anda membutuhkan jasa pengiriman jenazah via udara, segera hubungi TransMulia Ambulance di nomor 0812-3456-7890 atau kunjungi website www.transmuliaambulance.id untuk informasi lebih lanjut.